BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Sebagian orang beranggapan bahwa belajar adalah semata-mata
mengumpulkan atau menghafalkan fakta-fakta yang tersaji dalam bentuk
informasi/materi pelajaran. Ada pula sebagian orang yang memandang belajar
sebagai latihan belaka seperti yang tampak pada latihan membaca dan menulis.
Namun pada dasarnya belajar adalah proses perubahan
tingkah laku yang terjadi pada diri seseorang. Perubahan tingkah laku
itu biasanya berupa penguasaan terhadap ilmu pengetahuan atau penguasaan
terhadap keterampilan dan perubahan.
Belajar merupakan salah satu faktor yang
mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku
individu.
Hasil belajar merupakan kemampuan yang di
peroleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan
tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan sehingga
menjadi lebih baik dari pada sebelumnya.
B. Rumusan Masalah
1.
Apa
yang di maksud dengan pengertian belajar?
2.
Apa
yang dimaksud hasil belajar ?
3.
Perubahan
dari belajar?
C. Tujuan
1.
Mengetahui
maksud dari pengertian belajar.
2.
Mengetahui
hasil belajar.
3.
Mengetahui
perubahan dari belajar.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Belajar
Belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting
dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu.
Pengertian belajar dari para ahli :
·
Moh. Surya (1997) : Belajar dapat di artikan sebagai suatu
proses yang di lakukan individu untuk memperoleh perubahan perilaku secara
keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam
berinteraksi dengan lingkungannya.
·
Witherington (1952) : Belajar merupakan perubahan dalam
kepribadian yang di manifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru
berbentuk ketrampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan,kecakapan.
B. Hasil Belajar
Pengertian dari hasil
belajar menurut para tokoh :
·
Menurut Hamalik (1995)
Hasil belajar merupakan
kemampuan kognitif, afektif, psikomotor dalam situasi tertentu berkat
pengalaman-pengalaman baru.
·
Menurut Anni (2005)
Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang di
peroleh pembelajaran, setelah mengalami aktivitas belajar.
Dari pendapat tersebut
maka dapat di simpulkan hasil belajar nerupakan kemampuan yang di peroleh
individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat di berikan tingkah laku
baik dari sebelumnya.
C. Ciri-ciri perubahan perilaku dan hasil perubahan perilaku
Moh. Surya (1997)
mengemukakan ciri-ciri dari perubahan perilaku yaitu :
1. Perubahan yang disadari dan di sengaja (intensional)
Perubahan perilaku
terjadi merupakan usaha sadar dan di sengaja dari individu yang bersangkutan.
Begitu juga hasil-hasilnya, perubahan, misalnya pengetahuan semakin meningkat
di bandingkan sebelum dia mengikuti suatu proses belajar. Misalnya, mahasiswa
yang sedang belajar psikologi Pendidikan. Dia menayadari bahwa dalam dirinya
dia telah mengalami perubahan perilaku, dengan memperoleh
sejumlah pengetahuan, sikapdan keterampilan yang berhubungan dengan
psikologi pendidikan.
2. Perubahan yang berkesinambungan (kontinyu)
Bertambahnya
pengetahuan atau keterampilan yang dimiliki pada dasarnya merupakan kelanjutan
merupakan kelanjutan dari pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperolehnya
sebelumnya. Begitu juga, pengetahuan sikap dan keterampil yang telah diperoleh
itu, akan mejadi dasar bagi pengembangan pengetahuan, sikap dan keterampilan
yang telah di peroleh sebelumnya. Misalnya, seorang mahasiswa belajar Psikologi
pendidikan tentang “Hakekat Belajar”. Tetapi ketika dia mengikuti mata kuliah “
Strategi Belajar Mengajar” maka pengetahuan, sikap dan keterampilan tentang
“Hakekat Belajar “ akan dilanjutkan dan dapat di manfaatkan dalam mengikuti
perkuliahan “Strategi Belajar Mengajar”.
3. Perubahan yang Fungsional
Setiap perubahan perilaku yang terjadi dapat di manfaatkan untuk
kepentingan hidup individu yang bersangkutan, baik untuk kepentingan masa
sekarang maupun masa mendatang.
4. Perubahan yang Bersifat Positif
Perubahan Perilaku yang
terjadi bersifat normatif dan menunjukan ke arah kemajuan .
5. Perubahan yang bersifat aktif
Untuk memperoleh
perilaku baru, individu yang bersangkutan aktif merupakan kegiatan membaca dan
mengkaji buku-buku psikologi pendidikan, berdiskusi dengan teman tentang
psikologi pendidikan.
6. Perubahan yang bersifat permanen
Perubahan perilaku
yangh di perbolehkan dari proses belajar cenderung melekat dalam dirinya.
7. Perubahan individu yang bertujuan dan terarah
Individu melakukan
kegiatan belajar pasti ada tujuan yang di ingin di capai, baik tujuan jangka
pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.
Menurut Gagne (abin
Syamsuddin Makmun, 2003) perubahan perilaku merupakan hasil belajar terbentuk :
1.
Informasi Verbal
Penguasaan informasi
dalam bentuk verbal, baik secara tertulis maupun tulisan, misal :pemberian
nama-nama terhadap suatu benda,definisi, dsb.
2. Kecakapan Intelektual
Keterampilan individu
dalam melakukan interaksi dengan lingkungannya dengan menggunakan
simbol-simbol, misalnya penggunaan simbol matematika.Termasuk dalam
keterampilan intelektual adalah kecakapan dalam membedakan (descrimination),
memahami konsep konkrit, konsep abstrak aturan dan hukum. Ketrampilan sangat di
butuhkan dalam pemecahan masalah.
3. Strategi Kognitif
Kecakapan individu
untuk melakukan pengendalian dan pengelolaan seluruh aktivitas. Dalam konteks
pembelajaran stategi kognitif yaitu kemampuan mengendalikan ingatan-ingatan dan
cara-cara berfikir agar terjadi aksifitas yang efektif.
4. Sikap
Hasil pembelajaran yang
berupa kecakapan individu untuk memilih macam tindakan yang akan di lakukan. Sikap adalah
keadaan dalam individu yang memberikan kecenderungan vertindak dalam
menghadapi suatu subyek atau peristiwa di dalam unsur pemikiran, perasaan yang
menyertai pemikiran dan kesiapan untuk bertindak.
5. Kecakapan motorik
Hasil belajar yang berupa kecakapan pergerakan yang di kontrol oleh otot
dan fisik.
Sementara Moh. Surya (1997) mengemukakan bahwa hasil belajar akan tampak
dalam :
ü
Kebiasaan seperti
peserta didik belajar bahasa berkali-kali menghindari kecendrungan penggunaan
kata atau struktur yang keliru, sehingga akhirnya ia terbiasa dengan penggunaan
bahasa secara baik dan benar .
ü
Ketrampilan seperti
menulis dan berolah raga yang meskipun sifatnya motorik,
ketrampilan-kemprampilan itu memerlukan koordinasi gerak yang teliti dengan
kesadaran yang tinggi.
ü
Pengamatan yakni proses
menerima, menafsirkan, dan memberi arti rangsangan yang termasuk melalui
indera-indera secar obyektif sehingga peserta didik mampu mencapai pengertian
yang benar
ü
Berfikir asosiatif
yakni berfikir dengan cara mengasosiasikan kecendrungan yang relatif menetap
untuk berinteraksi dengan cara baik atau buruk terhadap orang atau barang
tertentu sesuai dengan pengetahuan dan keyakinan.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Belajar merupakan salah satu faktor yang memengaruhi dan
berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu.
Hasil belajar merupakan kemampuan yang di peroleh
individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan tingkah laku
baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan ketrampilan sehingga menjadi lebih baik
dari pada sebelumnya.
Ciri-ciri dari perubahan tingkah laku menurut
Moh Surya (1997) :
·
Perubahan yang di
sengaja
·
Perubhan bersifat
positif
·
Perubahan
berkesinambungan(kontiyu)
·
Perubahan yang bersifat
aktif
·
Perubahan yang bersifat
bermanen
Daftar Pustaka
Syamsudin Makmun, Abin. 2003. Psikologi Kependidikan, Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
http://www.scribd.com/doc/23506184/Pengertian-Belajar-Dan-Perubahan-Perilaku-Dalam
http://edukasi.kompasiana.com/2011/09/29/belajar-anak-didik-397311.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar