Rabu, 13 November 2013

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sebagian orang beranggapan bahwa belajar adalah semata-mata mengumpulkan atau menghafalkan fakta-fakta yang tersaji dalam bentuk informasi/materi pelajaran. Ada pula sebagian orang yang memandang belajar sebagai latihan belaka seperti yang tampak pada latihan membaca dan menulis. Namun pada dasarnya belajar adalah proses perubahan tingkah laku yang terjadi pada diri seseorang. Perubahan tingkah laku itu biasanya berupa penguasaan terhadap ilmu pengetahuan atau penguasaan terhadap keterampilan dan perubahan.
Belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu.
Hasil belajar merupakan kemampuan yang di peroleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan sehingga menjadi lebih baik dari pada sebelumnya.

B.   Rumusan Masalah
1.    Apa yang di maksud dengan pengertian belajar?
2.    Apa yang dimaksud hasil belajar ?
3.    Perubahan dari belajar?
C.   Tujuan
1.    Mengetahui maksud dari pengertian belajar.
2.    Mengetahui hasil belajar.
3.    Mengetahui perubahan dari belajar.








BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pengertian Belajar
Belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu.
Pengertian belajar dari para ahli          :
·         Moh. Surya (1997)      : Belajar dapat di artikan sebagai suatu proses yang di lakukan individu untuk memperoleh perubahan perilaku secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
·         Witherington (1952)   : Belajar merupakan perubahan dalam kepribadian yang di manifestasikan sebagai pola-pola respons yang baru berbentuk ketrampilan, sikap, kebiasaan, pengetahuan,kecakapan.
B.     Hasil Belajar
Pengertian dari hasil belajar menurut para tokoh  :
·         Menurut Hamalik (1995)
Hasil belajar merupakan kemampuan kognitif, afektif, psikomotor dalam situasi tertentu berkat pengalaman-pengalaman baru.
·         Menurut Anni (2005)
Hasil  belajar merupakan perubahan perilaku yang di peroleh pembelajaran, setelah mengalami aktivitas belajar.
Dari pendapat tersebut maka dapat di simpulkan hasil belajar nerupakan kemampuan yang di peroleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat di berikan tingkah laku baik dari sebelumnya.
C.     Ciri-ciri perubahan perilaku dan hasil perubahan perilaku
Moh. Surya (1997) mengemukakan ciri-ciri dari perubahan perilaku yaitu :
1.      Perubahan yang disadari dan di sengaja (intensional)
Perubahan perilaku terjadi merupakan usaha sadar dan di sengaja dari individu yang bersangkutan. Begitu juga hasil-hasilnya, perubahan, misalnya pengetahuan semakin meningkat di bandingkan sebelum dia mengikuti suatu proses belajar. Misalnya, mahasiswa yang sedang belajar psikologi Pendidikan. Dia menayadari bahwa dalam dirinya dia telah mengalami perubahan perilaku, dengan memperoleh
sejumlah pengetahuan, sikapdan keterampilan yang berhubungan dengan psikologi pendidikan.
2.      Perubahan yang berkesinambungan (kontinyu)
Bertambahnya pengetahuan atau keterampilan yang dimiliki pada dasarnya merupakan kelanjutan merupakan kelanjutan dari pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperolehnya sebelumnya. Begitu juga, pengetahuan sikap dan keterampil yang telah diperoleh itu, akan mejadi dasar bagi pengembangan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang telah di peroleh sebelumnya. Misalnya, seorang mahasiswa belajar Psikologi pendidikan tentang “Hakekat Belajar”. Tetapi ketika dia mengikuti mata kuliah “ Strategi Belajar Mengajar” maka pengetahuan, sikap dan keterampilan tentang “Hakekat Belajar “ akan dilanjutkan dan dapat di manfaatkan dalam mengikuti perkuliahan “Strategi Belajar Mengajar”.
3.      Perubahan yang Fungsional
Setiap perubahan perilaku yang terjadi dapat di manfaatkan untuk kepentingan hidup individu yang bersangkutan, baik untuk kepentingan masa sekarang maupun masa mendatang.
4.      Perubahan yang Bersifat Positif
Perubahan Perilaku yang terjadi bersifat normatif dan menunjukan ke arah kemajuan .
5.      Perubahan yang bersifat aktif
Untuk memperoleh perilaku baru, individu yang bersangkutan aktif merupakan kegiatan membaca dan mengkaji buku-buku psikologi pendidikan, berdiskusi dengan teman tentang psikologi pendidikan.
6.      Perubahan yang bersifat permanen
Perubahan perilaku yangh di perbolehkan dari proses belajar cenderung melekat dalam dirinya.
7.      Perubahan individu yang bertujuan dan terarah
Individu melakukan kegiatan belajar pasti ada tujuan yang di ingin di capai, baik tujuan jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.
Menurut Gagne (abin Syamsuddin Makmun, 2003) perubahan perilaku merupakan hasil belajar terbentuk :
1.         Informasi Verbal
Penguasaan informasi dalam bentuk verbal, baik secara tertulis maupun tulisan, misal :pemberian nama-nama terhadap suatu benda,definisi, dsb.
2.      Kecakapan Intelektual
Keterampilan individu dalam melakukan interaksi dengan lingkungannya dengan menggunakan simbol-simbol, misalnya penggunaan simbol matematika.Termasuk dalam keterampilan intelektual adalah kecakapan dalam membedakan (descrimination), memahami konsep konkrit, konsep abstrak aturan dan hukum. Ketrampilan sangat di butuhkan dalam pemecahan masalah.
3.      Strategi Kognitif
Kecakapan individu untuk melakukan pengendalian dan pengelolaan seluruh aktivitas. Dalam konteks pembelajaran stategi kognitif yaitu kemampuan mengendalikan ingatan-ingatan dan cara-cara berfikir agar terjadi aksifitas yang efektif.
4.      Sikap
Hasil pembelajaran yang berupa kecakapan individu untuk memilih macam  tindakan yang akan di lakukan. Sikap adalah keadaan dalam  individu  yang memberikan kecenderungan vertindak dalam menghadapi suatu subyek atau peristiwa di dalam unsur pemikiran, perasaan yang menyertai pemikiran dan kesiapan untuk bertindak.
5.      Kecakapan motorik
Hasil belajar yang berupa kecakapan pergerakan yang di kontrol oleh otot dan fisik.
Sementara Moh. Surya (1997) mengemukakan bahwa hasil belajar akan tampak dalam       :
ü  Kebiasaan seperti peserta didik belajar bahasa berkali-kali menghindari kecendrungan penggunaan kata atau struktur yang keliru, sehingga akhirnya ia terbiasa dengan penggunaan bahasa secara baik dan benar .
ü  Ketrampilan seperti menulis dan berolah raga yang meskipun sifatnya motorik, ketrampilan-kemprampilan itu memerlukan koordinasi gerak yang teliti dengan kesadaran yang tinggi.
ü  Pengamatan yakni proses menerima, menafsirkan, dan memberi arti rangsangan yang termasuk melalui indera-indera secar obyektif sehingga peserta didik mampu mencapai pengertian yang benar
ü  Berfikir asosiatif yakni berfikir dengan cara mengasosiasikan kecendrungan yang relatif menetap untuk berinteraksi dengan cara baik atau buruk terhadap orang atau barang tertentu sesuai dengan pengetahuan dan keyakinan.



BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
            Belajar merupakan salah satu faktor yang memengaruhi dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu.
            Hasil belajar merupakan kemampuan yang di peroleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan ketrampilan sehingga menjadi lebih baik dari pada sebelumnya.
 Ciri-ciri dari perubahan tingkah laku menurut Moh Surya (1997) :
·           Perubahan yang di sengaja
·           Perubhan bersifat positif
·           Perubahan berkesinambungan(kontiyu)
·           Perubahan yang bersifat aktif
·           Perubahan yang bersifat bermanen


















Daftar Pustaka

Syamsudin Makmun, Abin. 2003. Psikologi Kependidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
http://www.scribd.com/doc/23506184/Pengertian-Belajar-Dan-Perubahan-Perilaku-Dalam
http://edukasi.kompasiana.com/2011/09/29/belajar-anak-didik-397311.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar