Rabu, 20 November 2013

Perilaku Konsumtif



Perilaku Konsumtif
Pengertian Perilaku Konsumtif


Lubis (Sumartono, 2002) mengatakan perilaku konsumtif adalah perilaku yang tidak lagi berdasarkan pada pertimbangan yang rasional, melainkan karena adanya keinginan yang sudah mencapai taraf yang sudah tidak rasional lagi. Sedangkan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (dalam Sumartono, 2002) mengatakan perilaku
konsumtif adalah kencenderungan manusiauntuk menggunakan konsumsi tanpa batas dan manusia lebih mementingkan faktorkeinginan dari pada kebutuhan. Sedangkan Anggasari (dalam Sumartono, 2002) mengatakan perilaku konsumtif adalah tindakan membeli barang-barang yang kurang atau tidak diperhitungkan sehingga sifatnya menjadi berlebihan. Lebih lanjut Dahlan (dalam Sumartono, 2002) mengatakan perilaku konsumtif yang ditandai oleh adanya kehidupan Universitas Sumatera Utaramewah dan berlebihan, penggunaan segala hal yang dianggap paling mahal yang memberikan kepuasan dan kenyamanan fisik sebesar-besarnya serta adanya pola hidup manusia yang dikendalikan dan didorong olehsemua keinginan untuk memenuhi hasrat kesenangan semata-mata. Kesimpulannya adalah perilaku konsumtif merupakan suatu perilaku membelidan menggunakan barang yang tidak didasarkan pada pertimbangan yangrasional dan memiliki kencenderungan untuk mengkonsumsi sesuatu tanpa batas dimana individu lebih mementingkan faktor keinginan dari pada kebutuhan serta ditandai oleh adanya kehidupan mewah dan berlebihan, pengunaan segala hal yang paling mewah yang
memberikan kepuasan dan kenyamanan fisik.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif
Menurut Sumartono (2002), munculnya perilaku konsumtif dikalangan mahasiswa disebabkan oleh dua hal yaitu :
1.Faktor Internal
Faktor internal yang berpengaruh pada perilaku konsumtif individu adalah motivasi, harga diri, observasi, proses belajar, kepribadian dan konsep diri.
2.Faktor Eksternal
Faktor eksternal yang berpengaruh padaperilaku konsumtif individu adalah kebudayaan, kelas social, kelompok-kelompok social dan referensi serta keluarga. Berdasarkan uraian
diatas, maka factoryang mempengaruhi perilaku konsumtif
dapat dibagi atas dua yakni faktor
internal dan faktor eksternal.
Indikator Perilaku Konsumtif
Menurut Sumartono (2002), definisi
konsep perilaku
konsumtif amatlah
variatif, tetapi pada
intinya muara dari pengertian pe
rilaku konsumtif adalah membeli
barang tanpa pertimbangan rasional atau bukan atas dasar kebutuhan pokok. Dan secara
operasional, indikator pe
rilaku konsumtif yaitu :
1.Membeli produk karena iming-iming hadiah. Individu membeli suatu barang karena adanya hadiah yang ditawarkan jika membeli barang tersebut.
2.Membeli produk karena kemasannya menarik. Konsumen mahasiswa sangat mudah
terbujuk untuk membeli produk yang dibungkus dengan rapi dan dihias dengan warna-warna yang menarik. Artinya motivasi untuk membeli produk tersebut hanya karena produk tersebut dibungkus dengan rapi dan menarik.
3.Membeli produk demi menjaga penampilan diri dan gengsi.
Konsumen mahasiswa mempunyai keingina
n membeli yang tinggi, karena pada
umumnya mahasiswa mempunyai ciri khas da
lam berpakaian, berdandan, gaya rambut,
dan sebagainya dengan tujuan agar maha
siswa selalu berpenampilan yang dapat
menarik perhatian orang lain. Mahasiswa
membelanjakan uangnya lebih banyak untuk
menunjang penampilan diri.
4.Membeli produk atas pertimbangan harga
(bukan atas dasar manfaat atau
kegunaannya). Konsumen mahasiswa cenderung berper
ilaku yang ditandakan oleh adanya
kehidupan mewah sehingga cenderung mengguna
kan segala hal yang dianggap paling
mewah.
5.Membeli produk hanya sekedar menjaga simbol status.
Mahasiswa mempunyai kemampuan membeli
yang tinggi baik dalam berpakaian,
berdandan, gaya rambut, dan sebagainya sehingga hal tersebut
dapat menunjang sifat
eksklusif dengan barang yang mahal dan member
i kesan berasal dari kelas sosial yang
lebih tinggi. Dengan membeli suatu produk da
pat memberikan symbol status agar
kelihatan lebih keren dimata orang lain.

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/23554/3/Chapter%20II.pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar